loading...

28 Jul 2016

Talqinudz-Dzikr "Kiat Menggapai Ketenangan Jiwa"

Ibrahim Saleh, ST
Didalam thoriqoh ada yang disebut Talqinudz-Dzikr, yakni pendiktean kalimat dzikir "La ilaaha illalloh" dengan lisan (diucapkan) atau pendiktean Ismudz-Dzat lafadz Allah secara bathiniyah dari seorang guru mursyid kepada muridnya.

Amaliah Zikir inilah yang membuat Ibrahim Saleh, ST semakin khusuk mendalami thoriqoh Qodiriyah Naqsyabandiyah.Menurut pecinta Off Road yang pernah menjuarai event offf road 2014, 2015 dan 2016 ini, amaliyah zikir merupakan salah satu cara bagi kita untuk bisa mencapai ketenangan dan kedamaian didunia, karena akan menyelaraskan tujuan hidup kita agar lebih berdasarkan Manhaj Ilahiyah, yaitu semata-mata untuk beribadah kepada Alloh Azza wa Jalla, tuturnya.

Lajang yang kesehariannya beraktivitas di Dinas PU Pengairan ini mengatakan, ada suatu rahasia lain dibalik aktivitas zikir ini, yaitu adanya suatu penyerapan energi Ilahiyah bagi orang yang sering dan serius mengamalkannya. Nurullah (cahaya Allah) sangat dekat bagi orang-orang yang berzikir, hal ini tentu saja akan berpengaruh dan membawa dampak yang sangat hebat secara fisik maupun rohani.Selain itu Amaliah Zikir ini juga dapat melapangkan kesempitan hidup, dimudahkan segala urusan seperti rejeki, jodoh, kesejahteraan, dan kesehatan, Insya Allah..., katanya.

Alumni Universitas Taman Siswa ini juga mengatakan, kalau kita hiasi diri kita dengan kecintaan berdzikir dan selalu mengingat-Nya di manapun dan kapanpun Insya Allah bisa menjadi obat dan menjadikan hidup kita lebih tenang dan bahagia. Kehadiran Allah pada kita, tergantung sikap dan persepsi kita semua kepada Nya. Jika kita senantiasa memuji dan mengingat-Nya, Ia akan senantiasa berada di dekat kita. Baik dalam suka maupun duka. Sebaliknya, kita melupakan-Nya, otomatis kehadiran Nya jauh di hati dan sanubari kita, paparnya.(*)