loading...

12 Nov 2017

DINGINKAN HATI MELALUI DZIKIR 

Pertolongan Alloh SWT akan datang kepada kita ketika kita melakukan lima hal ini menurut surat Al Anfal ayat 45-46, yaitu :

1. Berteguh hati.
2. Menyebut nama Alloh sebanyak-banyaknya.
3. Taat kepada Alloh dan Rosul.
4. Tidak berbantah-bantahan.
5. Sabar.

Kelima-limanya adalah respon positif atas persoalan hidup yang pasti pernah hadir dalam kehidupan setiap manusia. Respon negatif seperti amarah, dendam, doa tidak baik dan semakin menjauh dari Alloh tidak akan pernah bisa menjadi solusi yang baik. Respon negatif hanya akan melahirkan masalah-masalah baru alias menyelesaikan masalah dengan membuat masalah baru sehingga semua masalah menjadi babak lingkaran syetan yang menipu dan membingungkan.

Masalah kehidupan menurut ayat di atas, kebanyakan akan menemukan jalan keluar dengan mendinginkan hati melalui dzikir, bukan memanaskan suasana dengan pembelaan diri yang dikuti berbantah-bantahan tanpa akhir. Selain itu, dzikir hati ini dilanjutkan dengan keistiqomahan diri di jalan Alloh yang telah dicontohkan oleh Rasululloh, jalan kebenaran bukan jalan pembenaran.

Jalan berikutnya adalah sabar, yakni kesabaran aktif atau kesabaran produktif, bukan kesabaran pasif yang menjadikan seseorang kehilangan visi dan energi untuk keluar dari masalah menuju keadaan yang lebih baik. Kecerdasan mengelola keadaan dengan ruh Iman, Islam dan Ihsan merupakan kesimpulan dari lima hal tersebut di atas.

0 Comments:

Posting Komentar