loading...

11 Nov 2017

Orang pelit (Bakhil)

Dalam sebuah hadist rasulullah pernah menjelaskan salah satu di antara 3 hal yg bisa membinasakan manusia adalah pelit alias bakhil..

Rasulullah bersabda..
" Tiga perkara yg membinasakan : Rasa pelit di taati, hawa nafsu yg di ikuti dan ujubnya seseorang terhadap dirinya sendiri". (HR. Thabrani)

Hakikatnya manusia hidup di dunia ini adalah bersosialisasi, saling peduli dengan sesama, berbagi dan siap memberi pertolongan bagi sesamanya yg membutuhkan.

Allah swt mengamanahkan kepada hambanya untuk berbuat kebaikan selama di dunia melalui sedekah, memberikan bantuan kepada orang lain dengan ikhlas dan secara sukarela tanpa adanya batasan waktu dan jumlah..

Allah SWT berfirman.
" Sekali-kali janganlah orang-orang yg bakhil dengan harta yg di berikan kepada mereka dari karunianya yg menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka, sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka, harta yg mereka bakhilkan itu akan di kalungkan kelak di lehernya api di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah lah segala warisan (yg ada di langit dan di bumi, dan Allah mengetahui apa yg kamu kerjakan".
(Ali Imran180)

Kebaikan (beramal) perbuatan di dunia merupakan bekal akhirat..

Banyak harta melimpah ruah kemewahan dan segunung uang pun kalau tak sedekah apa gunanya...

0 Comments:

Posting Komentar